Timbulkan Wabah Lalat, Warga Desa Suka Dame Tolak Ternak Ayam

Warga Dusun III Desa Suka Damai, Kecamatan Hinai, Langkat yang menolak peternakan ayam di dekat pemukiman.

Hinai – Warga Dusun III Desa Suka Dame, Kecamatan Hinai, Langkat resah terkait peternakan ayam yang akan beroperasi di sana. Mereka menyebutkan, peternakan unggas di dekat pemukiman padat penduduk, akan menimbulkan wabah lalat.

“Sebelumnya, pernah ada ternak ayam di dekat pemukiman kami ini. Waktu itu, wabah lalat gak terkendali lagi,” kata Ijul, dan warga Dusun III lainnya yang merasa keberatan dengan adanya peternakan ayam di sana, Selasa (21/5/2024) sore.

Saat ini, warga kembali diresahkan dengan desas-desus akan dibuka kembali peternakan unggas di sana. Meski dengan metode yang berbeda (Close House/Blower), tapi warga di sana tetap menolaknya.

Pihak pengelola bahkan sudah melayangkan surat pernyataan ke pemerintahan desa setempat, untuk memperoleh izin. Namun yang disayangkan, hal itu tidak ada melibatkan warga sekitar yang berpotensi merasakan dampak dari usaha tersebut.

Menyikapi hal itu, warga pun menyatakan sikap keberatan terkait usaha yang akan dikelola Yunita dan Edy Syahputra itu. Karena, masyarakat meyakini akan berdampak negatif terhadap kebersihan lingkungan.

“Usaha peternakan ayam potong terebut, akan berdampak terhadap kesehatan masyarakat sekitar. Kami minta pihak desa harus mencabut rekomendasi izin dari usaha tersebut,” tegas Ijul dan warga lainnya.

Terkait hal tersebut, Kepala Desa Suka Dame Siswo Suharjo belum memberikan komentar. Pesan singkat yang dikirim ke aplikasi Whats Appnya, belum dibalas yang bersangkutan. (Ahmad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Kontent Dilindungi