Jika Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024, Saham Ini Bisa

Gibran Rakabuming Raka (kiri) bertemu dengan Prabowo Subianto (kanan). (Dok. Int)

Jakarta – Calon presiden (capres) Prabowo Subianto resmi mengusung Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres yang akan mendampinginya. Adapun Gibran merupakan Walikota Solo sekaligus putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Nama Gibran diumumkan usai pertemuan para ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung Prabowo di Kartanegera, Minggu (22/10/2023) malam.

“Kita telah berembuk secara final secara konsensus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai presiden KIM, untuk 2024-2029, dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari KIM,” kata Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Terlepas sudah lengkapnya pasangan dari Prabowo yakni Gibran, jika Prabowo-Gibran memenangkan Pilpres 2024, diprediksi beliau akan melanjutkan program-program yang telah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama dua periode.

Sejalan dengan itu, jika kita berandai-andai Prabowo memenangkan Pemilu 2024, maka ada kemungkinan bahwa saham di sektor pertambangan, perkebunan, dan pertahanan akan cenderung terdongkrak. Proyeksi ini merujuk pada jejak dan perhatian besar Prabowo di sektor-sektor tersebut.

Sedangkan untuk Gibran sendiri, sektor yang berpotensi diuntungkan yakni UMKM dan makanan dan minuman.  Untuk lebih jelasnya, simak rincian berikut potensi sektor dan saham yang diuntungkan jika Prabowo-Gibran memenangkan Pemilu 2024.

1. Pertambangan

Jika Prabowo menang, maka sektor pertambangan akan diuntungkan. Program hilirisasi yang dilakukan pada masa Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga berpotensi dilanjutkan, meski kebijakannya akan cenderung berbeda sedikit.

Prabowo memiliki setidaknya dua perusahaan terkait pertambangan batu bara yakni PT Nusantara Energy dan PT Nusantara Kaltim Coal, di mana keduanya masih dalam satu grup. PT Nusantara Energy merupakan induk perusahaan, sedangkan PT Nusantara Kaltim Coal merupakan anak usaha.

Meski keduanya belum masih berstatus private company alias belum melantai di bursa, tetapi dengan hal tersebut, jika Prabowo menang, maka saham batu bara akan diuntungkan dan pada akhirnya berpotensi membuat saham batu bara terdongkrak.
Bahkan, bukan hal mustahil bila kedua perusahaan tersebut bisa melantai di bursa di beberapa tahun mendatang jika Prabowo memenangkan Pemilu 2024.

2. Perkebunan
Selain di sektor pertambangan, Prabowo juga memiliki perusahaan di sektor perkebunan, di mana ada lima perusahaan perkebunan milik Prabowo. Adapun kelima perusahaan perkebunan tersebut yakni PT Tusam Hutani Lestari, PT Tanjung Redeb Hutani, PT Kertas Nusantara, PT Kiani Hutani Lestari, dan PT Belantara Pusaka.

Meski kelimanya juga belum melantai di bursa, tetapi jika Prabowo memenangi Pemilu 2024, maka sektor perkebunan juga berpotensi ikut terdongkrak. Untuk sektor perkebunan di Indonesia, ada berbagai macam seperti perkebunan kelapa sawit, perkayuan, perhutanan, dan lain-lainnya.

3. Pertahanan
Prabowo tentunya sudah familiar dengan hal-hal yang berbau militer, sehingga sektor pertahanan di tangan Prabowo memang tak perlu dipertanyakan lagi.  Tetapi di Indonesia, sepertinya belum ada emiten pertahanan yang melantai di bursa. Hal ini karena perusahaan sektor pertahanan di Indonesia sebagian besar dikelola oleh negara.

Meski belum ada yang go-public, tetapi saat ini sudah dimulai pembentukan holding BUMN pertahanan, di mana PT LEN Industri (Persero) sudah menjadi holding dari empat perusahaan BUMN pertahanan seperti PT Dirgantara Indonesia (Persero), PT PAL Indonesia (Persero), PT Pindad (Persero) dan PT Dahana (Persero).

Namun, tak menutup kemungkinan jika Prabowo menang, ada potensi emiten pertahanan yang akan go-public kedepannya.

4. UMKM
Gibran juga dikenal sebagai seseorang yang ramah dengan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Saat menjabat sebagai Walikota Solo, Gibran sempat melepas sekitar 830 produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk diekspor ke Paris, Perancis. Produk UMKM yang diekspor itu paling banyak berupa furnitur.

Untuk diketahui, pelepasan produk UMKM Solo Raya ke Paris ini merupakan kelanjutan program Pemkot Solo yang sebelumnya menggandeng para pelaku UMKM dalam event Java In Paris di Le BHV Marais pada Juni 2022.

Tentunya dengan Gibran yang juga peduli dengan UMKM, maka sektor ini berpeluang mendapat ‘cuan’ jika Prabowo-Gibran memenangkan Pilpres 2024.  Namun, baru sedikit emiten di BEI yang berasal dari UMKM. Adapun salah satunya yakni saham emiten gerai minuman kekinian yakni PT Platinum Wahab Nusantara Tbk (TGUK).

5. Makanan dan Minuman

Sejatinya, sektor makanan dan minuman terutama makanan minuman ringan lebih familiar dengan adik kandung Gibran yakni Kaesang Pangarep. Namun, bukan berarti Gibran tidak memiliki usaha sendiri dibidang makanan dan minuman.

Gibran memilik beberapa brand yang dikembangkan olehnya sendiri atau bersama adiknya yakni Kaesang.

Dengan pengalaman Gibran merintis usahanya di industri makanan dan minuman bersama Kaesang, maka sektor yang dapat diuntungkan jika Gibran benar-benar menjadi wapres berikutnya tentunya yakni sektor konsumer bidang makanan dan minuman. (CNBC-Indonesia)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Kontent Dilindungi